Senin, 03 Oktober 2016

TIPS AGAR ANAK TIDAK SUKA JAJAN SEMBARANGAN

TIPS AGAR ANAK TIDAK SUKA JAJAN SEMBARANGAN

TIPS AGAR ANAK TIDAK SUKA JAJAN SEMBARANGAN



Jika Anda memiliki anak yang sedang duduk di Sekolah Dasar, pasti mereka sering sekali pergi membeli jajanan di sekolahnya. Entah itu, minuman dingin, goreng-gorengan, ataupun panganan lain yang sifatnya tidak baik untuk kesehatan. Namun, anak-anak di usia tersebut tidak akan peduli tentang kandungan gizi dan vitamin yang mereka butuhkan. Satu-satunya yang mereka tahu hanya rasa yang lezat dan menyegarkan. Oleh sebab itu, sebagai orangtua, disinilah Anda ditantang untuk berkreasi. Sudah siap? Pakai tips ini!

Cukupi asupan gizi dalam makanannya
Bukan hanya memberikan makanan dalam porsi yang banyak, namun juga harus mencukupi gizinya agar membuat perut si kecil tidak cepat lapar. Misalnya, jika Anda membuatkan makanan dengan bahan roti atau mie, makanan-makanan seperti itu hanya akan membuatnya kenyang sebentar. Tetapi, jika Anda memberikan makanan yang tepat seperti nasi, daging, dan sayuran, asupan ini akan bertahan lebih lama dan tidak membuat si kecil cepat lapar. Akan lebih baik bila Anda menambahkan jus buah dalam sarapannya.

Membawakannya bekal makan siang
Agar anak Anda tidak membeli makanan sembarangan, Anda harus rajin membuatkannya bekal untuk dibawanya ke sekolah. Dengan begitu anak Anda akan membatasi diri untuk tidak jajan sembarangan. Namun begitu, Anda tetap harus menjaga kandungan gizi dalam bekal untuknya, ya! Anda juga dapat berkreasi dengan membentuk makanannya menjadi karakter-karakter lucu.

Sesuaikan dengan cita-citanya
Jika anak Anda menyukai olahraga dan ingin menjadi atlet, berikanlah penjelasan bahwa menjaga pola makan dan asupan gizi yang tepat dapat membantu mengoptimalkan perkemabanganannya atau misalnya, jika anak ingin menjadi seorang pilot, dia harus menjaga matanya agar tetap sehat. Dengan begitu, dia harus banyak mengonsumsi wortel dan vitamin A serta menjaga tubuhnya agar tetap bugar.

Berikan pendapat
Melarang anak-anak untuk tidak jajan sembarangan sama sekali memang tidak mungkin. Namun, Anda dapat memberikan pendapat setiap kali dia ingin membeli kudapan dengan menasihatinya terlebih dulu. Misalnya, “Nak, apa kamu yakin ingin makanan itu? Apakah kamu tahu makanan itu tidak akan membuatmu kenyang, melainkan akan memasukan kuman-kuman di tubuhmu secara terus-menerus hingga membuat tubuhmu menjadi gemuk dan menimbun penyakit,” meskipun anak masih sulit menerima, tapi dia akan berpikir dulu untuk mengonsumsinya.

Memang sulit menghadapi anak-anak ketika keinginannya tidak dapat kita ikuti, seperti membiarkannya membeli kudapan yang tidak sehat. Mereka pasti akan merengek dan menangis sampai keinginannya terpenuhi. Namun, bagi orangtua disinilah tantangannya dalam merawat buah hati. Tidak semua keinginannya harus Anda penuhi asal Anda tetap menyediakan alternatif lain untuk membuat si kecil tersenyum.

0 komentar:

Posting Komentar