Minggu, 04 September 2016

6 SPOT DI RUMAH YANG MEMBAHAYAKAN SI KECIL

6 SPOT DI RUMAH YANG MEMBAHAYAKAN SI KECIL

6 SPOT DI RUMAH YANG MEMBAHAYAKAN SI KECIL


Hati-hati jika meninggalkan si kecil bermain dan berjalan-jalan sendiri, meskipun hanya di sekitaran rumah Anda. 6 spot ini bisa sangat berbahaya bagi si kecil jika Anda lengah mengawasinya. Simak yuk apa saja area di rumah yang dapat membahayakan si kecil.

Dinding yang terdapat stop kontak
Meninggalkan si kecil dengan mainannya sendirian di kamar atau di ruang keluarga bagi Anda mungkin merasa aman-aman saja karena si kecil tidak akan keluar rumah dan betah bermain seharian bersama mainannya. Akan tetapi, Anda harus mewaspadai letak stop kontak, jangan sampai anak-anak mudah menjakaunya. Anak kecil sering kali merasa penasaran dengan benda ini dan memasukan jarinya ke dalam sehingga membuatnya terstrum aliran listrik. Tutuplah bagian lubang pada stop kontak ketika Anda tidak meggunakannya, gunakan stop kontak yang terdapat penutupnya atau gunakan solatape.

Dapur
Area ini juga sangat berbahaya. Pasalnya, di dalam dapur ada benda-benda yang tidak sepatutnya digunakan oleh anak-anak tanpa sepengawasan orangtua. Bahkan piring dan gelas dari kaca pun sangat berbahaya karena bisa saja si kecil memecahkan dan menginjaknya. Selain itu, anak-anak juga sering penasaran ketika Anda memasak, awasi dia agar jangan sampai menjatuhkan makanan yang sedang Anda masak hingga mengenainya dan dapat membuat kulitnya melepuh.

Mesin cuci
Ketika anak-anak bermain, sangat memungkinkan bagi mereka untuk mencari benda-benda tertentu yang dapat menjadi tempat persembunyiannya. Awasilah saat anak bermain, mesin cuci bisa berbahaya bagi anak-anak karena bisa saja ketika si kecil bermain bersama temannya, salah satunya akan membuka pintu mesin, satu lainnya bersembunyi di sana, kemudian menutup pintunya dan menekan tombol-tombolnya karena rasa penasaran. Mengerikan, bukan?

Kolam
Area ini juga sangat menarik dan menjadi favorit anak-anak. Tanpa sepengetahuan orangtua anak-anak bisa berlari kearah kolam atau mengejar mainannya yang jatuh ke dalam kolam dan membuatnya ikut terjatuh ke sana. Sebaiknya pasang pagar batasan agar anak tidak memasuki area kolam sendirian.

Balkon
Jika di tingkat dua rumah Anda terdapat balkon, sebaiknya gunakan dinding atau pagar yang tidak mudah untuk dilewati anak-anak. Tubuhnya yang kecil dan masih lentur akan sangat mudah melewati batasan yang Anda buat. Oleh karena itu, pastikan dinding atau pagar yang Anda gunakan tidak mudah dilewati oleh anak-anak agar mereka tidak jatuh.

Tangga
Area yang satu ini juga paling sering diwaspadai oleh orangtua. Jangan sampai anak Anda terjatuh dan terguling dari atas tangga. Jika anak Anda masih belum bisa berjalan dengan benar, sebaiknya gunakan sekat untuk membatasi batas naik dan turun tangga.
Meskipun anak-anak bermain di rumah belum tentu aman bagi mereka. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda tetap sigap dalam mengawasi anak, jangan sampai Anda lengah dan terlambat untuk mencegahnya berbuat sesuatu yang dapat membahayakan diri si kecil.

0 komentar:

Posting Komentar