Kamis, 01 September 2016

BAYI MENJULURKAN LIDAH ? ISYARAT APA ?

BAYI MENJULURKAN LIDAH? ISYARAT APA?



BAYI MENJULURKAN LIDAH ? ISYARAT APA ?




Jangan heran ketika bayi Anda menjulurkan lidahnya atau melet. Isyarat ini bisa saja sebagai bentuk komunikasi darinya dalam merespon perkataan Anda. Gerakan bayi memang belum sempurna dan belum dapat berbicara. Oleh karena itu, salah satu bentuk responnya adalah dengan gerakan tangan atau menjulurkan lidah.

Kenapa bisa terjadi?

Penelitian menyatakan bahwa fenomena ini disebut sebagai ‘imitasi tonjolan lidah’ di mana bayi melakukan hal ini sebagai control neuromuscular atau cara untuk berkomunikasi dengan orang sekitarnya dengan memberikan respon.

Proses belajar

Sebenarnya, semua gerakan bayi yang dilakukannya merupakan bentuk dari perkembangan otaknya. Caranya menggenggam jari Anda, tertawa, dan menangis itu semua proses belajar, termasuk saat dia menjulurkan lidahnya. Namun apabila bayi Anda tidak melakukannya, jangan khawatir. Karena memang tidak semua bayi melakukan ini, jika bayi Anda masih dapat merespon stimulus yang Anda berikan, Anda tidak perlu khawatir.

Apakah bisa hilang?

Tentu saja bisa. Jika dia sudah mampu berkomunikasi dengan baik, dia akan berhenti melakukan hal ini karena sudah mampu merespon perkataan orang lain dengan baik. Proses menjulurkan lidah biasanya terjadi pada saat bayi berusia 6 bulan, di mana pada saat itu bayi sudah bisa diberikan makan padat. Namun, ketika dia menjulurkan lidahnya boleh jadi dia tidak menyukai makan padat.

Saat masih bayi, mereka hanya dapat melakukan komunikasi dengan orangtuanya melalui beberapa isyarat. Namun seiring pertumbuhannya, mereka anak mulai meninggalkan bahasa isyarat itu dan belajar untuk berbicara. Jadi, tidak perlu khawatir jika bayi Anda menjulurkan lidahnya ketika Anda mengajaknya berbicara. Pada saat itu bayi Anda sedang berbicara dengan bahasa bayi.

0 komentar:

Posting Komentar